Cara mengurangi Plastik

Banyak sekali benda benda mainan hingga perabotan rumah tangga yang terbuat dari plastik. Bahkan banyak jenis makanan dan minuman menggunakan plastik sebagai pembungkus kemasannya. Karena selain fungsinya yang praktis dan desain kemasan yang menarik, menjadikan plastik banyak digemari oleh masyarakat. Padahal banyak sekali bahaya yang ditimbulkan dari plastik ini.

 

Tahukah anda kalau sampah plastik sangat berbahaya? Sebagaimana yang diketahui, plastik yang mulai digunakan sekitar 50 tahun yang silam, kini telah menjadi barang yang tidak terpisahkan dalam kehidupan manusia. Diperkirakan ada 500 juta sampai 1 milyar kantong plastik digunakan penduduk dunia dalam satu tahun. Ini berarti ada sekitar 1 juta kantong plastik per menit. Untuk membuatnya, diperlukan 12 juta barel minyak per tahun, dan 14 juta pohon ditebang. Hal ini sangat berbahaya terhadap lingkungan dan kesehatan.

 

Dari Pusat Penelitian Kimia (LIPI) yaitu Dr. Agus Haryono mengatakan bahwa setiap hari orang kerergantungan terhadap plastik semakin tinggi, namun bahaya yang timbulkannya kurang di sadari oleh masyarakat. Penggunaan bahan plastik dalam kehidupan sehari - hari tidak perlu di khawatirkan jika kita tau cara penggunannya. Plastik yang aman untuk di pakai pada suhu tertentu dan minyak/lemak untuk kemasan makanan adalah plastik yang memenuhi Standar Nasional Indonesia (SNI). Namun, tidak semua produk kemasan plastic memenuhi standar SNI. Maka dari itu kita harus lebih teliti untuk memasukan makanan atau minuman panas kedalam plastik. Adapun bahaya yang ditimbulkan plastik bagi kesehatan tubuh yaitu menyebabkan kanker, Dioksin yang terhirup oleh manusia, bukan cuma sekedar kanker yang di timbulkan sistem saraf pun akan terangsang sehingga menimbulkan kerusakan, potensi depresi juga dapat disebabkan oleh paparan senyawa dari plastik saat proses pembakaran yang tidak sempurna, sedangkan dampak plastik bagi lingkungan adalah menurunkan kesuburan tanah,sampah plastik yang di buang ke perairan sungai atau laut sangat besar peluang bagi hewan tersebut untuk terjerat plastik, dan menyebabkan polusi udara

 

Maka ada hal - hal kecil yang kita mulai dari diri sendiri dengan cara melakukan gerakan diet plastik seperti biasakan membawa tas belanja sendiri saat pergi ke mall, selain membantu merawat bumi dengan cara mengurangi pemakaiaan plastik tas belanja juga membuat kamu tampil lebih keren saat di mall.

 

Selain membawa tas belanja sendiri, kamu bisa membawa alat makan sendiri untuk mengurangi plastik seperti membawa sedotan stainless dikarenakan sedotan plastik adalah salah satu sampah yang banyak ditemukan di lautan, lalu membawa botol minum sendiri ini juga membuat kamu lebih hemat loh tidak perlu membeli air minum kemasan. Yuk kita kurangi plastik dimulai dari diri sendiri.